5 Jenis Ikan Hias Yang Layak Di Budidaya

5 Jenis Ikan Hias Yang Layak Di Budidaya

Budidaya ikan hias memiliki beberapa aspek penting. Yaitu masalah utama yang perlu diperhatikan sebelum memulai usaha ini dalam proses pemasaran. Karena ikan hias termasuk ke dalam kategori produk yang memiliki pangsa pasar tidak begitu luas.

Faktor utamanya adalah karena budidaya ikan hias akan menghasilkan ikan yang tidak di konsumsi. Sehingga dalam 1 tahun belum tentu 1 pelanggan akan kembali membeli ikan hias dengan jenis yang sama. Berbeda dengan ikan konsumsi, yang artinya setiap konsumen membeli, maka hari itu akan habis pula. Sehingga memungkinkan mereka untuk kembali membeli ikan tersebut dilain waktu.

Oleh karena itu, ketika akan memulai untuk terjun ke dalam usaha budidaya ikan hias. Ketahui terlebih dahulu pangsa pasar ikan hias yang akan di budidayakan.

Berikut ini 5 jenis ikan hias yang layak untuk dibudidayakan :

1. Ikan Arwana

Ikan Arwana

Siapa yang tak kenal dengan ikan ini. Inilah raja dari ikan hias. Dari harganya yang selangit membuat ikan ini sangat kondang di dunia budidaya ikan hias.

Ikan arwana sangat mudah dalam pemasarannya, karena ikan ini akan di ekspor ke negara timur seperti korea, jepang dan cina. Dan harganya yang amat mahal, menjadikan ikan ini sangat layak untuk di budidayakan.

2. Ikan Mas Koi

Ikan Mas Koi

Ikan ini sangat populer di negara jepang. Disebut juga dengan nishikigoi, yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak.

Ikan ini juga sangat layak, karena tidak hanya Jepang yang meminta pasokan ikan hias jenis ini. Namun masyarakat lokal pun banyak yang menyukainya. Bahkan, sekarang banyak rumah makan yang menggunakan ikan mas koi ini sebagai hiasan di aquarium atau di kolamnya.

3. Ikan Nemo

Ikan Nemo

Ikan yang juga disebut sebagai ikan badut ini memiliki penggemar hampir diseluruh penjuru dunia. Hampir semua orang mengetahui nama ikan ini. Bahkan sampai di filmkan.

Ikan ini sangat layak karena permintaanya yang banyak. Tentu harus memiliki keahlian khusus jika akan membudidayakan ikan jenis ini. Mengingat susahnya dalam hal pembudidayaan.

4. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki

Namanya hampir mirip, namun bentuk dan ciri khasnya sangat berbeda. Ikan ini memiliki bentuk yang lucu. Dan memiliki sirip yang melambai-lambai.

Ikan ini juga primadona bagi masyarakat lokal maupun interlokal. Banyak aquarium yang di hiasi dengan ikan jenis ini. Oleh karena itu ikan ini juga termasuk kedalam ikan yang layak untuk dibudidayakan.

5. Ikan Cupang

Ikan Cupang

Mungkin ikan hias ini bagi sebagian orang identik dengan ikan rawa atau ikan kali. Namun jangan salah, ikan ini sangat populer di negara kita.

Bukan hanya untuk hiasan, namun juga bisa dipakai untuk aduan.

Ikan ini memang tidak terlalu mahal. Tapi pangsa pasarnya sendiri sangat luas. Dan permintaannya pun banyak. Oleh karena itu ikan ini juga masuk kedalam ikan hias yang layak dibudidayakan.

Itulah jenis ikan hias yang bisa di pilih untuk dibudidayakan. Hasil diatas dilihat dari kelayakan harga dan juga pangsa pasar untuk ikan itu sendiri. Karena yang terpenting dalam usaha budidaya ikan hias adalah pangsa pasarnya.

0 Response to "5 Jenis Ikan Hias Yang Layak Di Budidaya"

Post a Comment