Cara Memaksimalkan Cabang Pohon Cabe Agar Berbuah Lebat

Cara Memaksimalkan Cabang Pohon Cabe Agar Berbuah Lebat

Cabe rawit yang berbuah lebat menjadi kebahagiaan tersendiri bagi sang pembudidaya. Selain juga menguntungkan, cabe yang berbuah lebat juga menjadi indikator keberhasilan dalam membudidayakan tanaman ini.

Cara untuk membuat cabe berbuah lebat ada banyak. Tapi untuk memaksimalakannya ada trik tersendiri. Apalagi jika cabe ditanam dalam media polybag.

Salah satu caranya adalah dengan memangkas batang cabe pada umur 8 hst. Dimana pertumbuhan cabe masih sangat cepat.

Tujuannya sendiri adalah untuk memaksimalkan cabang pohon cabe itu sendiri. Sehingga semakin banyak ranting atau cabang akan semakin banyak kesempatan untuk menghasilkan buah yang banyak pula.

Cara memaksimalkan cabang pada pohon cabe :
  • Siapkan alat pemotongnya. Bisa berupa gunting yang tajam. Harus di perhatikan, alat pemotong harus steril agar tidak ada penyakit yang menular. Lebih mudah lagi jika menggunakan alat potong kuku.
  • Sebelum memotong, perhatikan tanaman cabe. Jika tanaman pertumbuhannya masih lambat atau tanaman masih terlalu kecil jangan di lakukan pemotongan. Walaupun sudah berumur 8 hst. Karena akan menyebabkan pertumbuhannya terganggu.
  • Potong pada pucuk tanaman. Jangan sampai terlalu banyak karena akan membuat tanam menjadi mati. Cukup 4 mm saja
  • Lakukan penyemprotan dengan fungisida dengan dosis yang rendah. Agar tanaman tidak terserang jamur pasca penyemprotan.
  • Setelah itu, lakukan perawatan yang ekstra. Karena setelah pemotongan pucuk batang. Cabe sangat rentan dengan kematian.
Setelah dipotong pada ujungnya, biasanya pohon cabe akan mengalami kerontokan pada daun. Dan hanya menyisakan daun yang paling atas.

Namun jangan khawatir, selang 1 minggu akan banyak cabang kecil yang mulai tumbuh. Lakukan perawatan sampai pohon cabe panen.

Pohon cabe tidak akan tumbuh tinghi. Namun akan rimbun karena memiliki 2 cabang utama. Sehingga buah yang dihasilkan pun akan sangat banyak.

Itulah cara yang bisa dipakai untuk membuat cabe berbuat lebat. Silahkan dicoba di rumah.

0 Response to "Cara Memaksimalkan Cabang Pohon Cabe Agar Berbuah Lebat"

Post a Comment