Jumlah Padat Tebar Ikan Nila Per Meter Yang Ideal

Jumlah Padat Tebar Ikan Nila Per Meter Yang Ideal

Padat tebar ikan nila dalam sebuah kolam tidak dapat dirumuskan dengan pasti. Yang jelas, dalam melakukan budidaya ikan nila. Jumlah padat tebarnya haruslah ideal. Agar pertumbuhan ikan nila dapat berkembang dengan baik. Dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Jumlah padat tebar ikan nila per meter persegi beraneka ragam. Ada yang mengatakan 20 - 30 ekor per meter persegi. Ada juga yang mengatakan kisaran 10 - 20 ekor persegi.

Dari semua hasil diatas, tentu mereka yang mengasumsikan hasil tersebut sudah menggunakan rumus padat tebar ikan nila itu sendiri. Namun rumus tersebut hanyalah teori.

Untuk seorang pemula, dalam mengambil langkah ketika akan menentukan berapa jumlah padat tebar yang akan diterapkan tentu sangat sulit. Namun ada beberapa indikator yang bisa digunakan untuk menentukan jumlah padat tebar ikan nila.

1. Bentuk kolam

Maksudnya adalah apakah kolam jaring apung atau kolam tanah dan kolam terpal. Sehingga jangan terpaku pada teori yang disebutkan diatas.

2. Kedalaman air

Jika kedalaman air tidak begitu dalam atau sekitar 60 - 100 cm. Jika menggunakan padat tebar tinggi dengan jumlah 30 ekor per meter persegi. Tentu hasilnya akan mengecewakan.

3. Teknik pembudidayaan

Teknik ini juga sangat berpengaruh. Misal menggunakan teknik biofloc, maka akan membuat jumlah padat tebar semakin tinggi. Begitu juga dengan teknik kolam arus deras.

Namun bila hanya menggunakan terpal, maka tidak ideal bila menggunakan jumlah padat tebar yang tinggi.

Dari 3 indikator diatas, para pemula bisa memperhitungkan cara menentukan jumlah padat tebar itu sendiri. Sehingga akan membuat usaha budidayanya tidak sia-sia dan akan menuai hasil yang maksimal.

Jumlah padat tebar ikan nila yang ideal untuk pemula yaitu kisaran 10 - 15 ekor per meter persegi. Sehingga jika akan memulai dengan jumlah 1000 ekor ikan nila, maka luas kolam yang dibutuhkan kurang lebih 100 meter persegi.

Ukuran tersebutlah yang aman untuk pemula. Agar budidaya dapat berhasil dengan hasil panen yang maksimal. Jangan terpengaruh dengan kuantitas yang banyak. Tidak ada artinya jika jumlah ikan dalam kolam banyak namun hasilnya tidak maksimal.

0 Response to "Jumlah Padat Tebar Ikan Nila Per Meter Yang Ideal"

Post a Comment